Jadi “Anak Olim” di KBS?

Assalamualaikum!

Oke, sebenernya postingan ini cuma pelarian sesaat karena aku lagi bosen ngerjain soal-soal persiapan. Kali ini aku mau bahas tentang gimana rasanya jadi anak olim di sekolah yang terkenal kuat banget di bidang perolimannya. Buat yang belum tau, aku sekolah di SMA Kesatuan Bangsa, Yogyakarta. Sebelum ini aku udah pernah ngepost beberapa tentang KBS juga, serial BIAS[A] : BI(ASA) (1) – Tentang Kehidupan Seputar SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta dan BI(ASA) (2) – BERTAHAN DI ASRAMA, sama satulagi yang paling baru 3 Hal yang Cuma Bisa Kamu Dapetin di KBS!.

Nah, okay sekarang kita bahas satu-satu yah.

Terkutuk beasiswa. Yak, ini beneran sih. Berhubung aku masuk ke KBS itu lewat jalur beasiswa OSN, pakai medali OSN SMP (aku ikutnya yang 2015) jadiii secara gak langsung di sini aku dituntut buat milih satu bidang olimpiade yang bakal ditekuni di SMA. Entah ini termasuk win-win solution apa ngga, medalis-medalis OSN bisa masuk ke KBS dengan beasiswa 100%, bener-bener cuma bayar uang asuransi (seingetku ga sampe satu juta per tahunnya). Tapi untuk itu perjanjiannya harus lolos seleksi OSN seenggaknya tingkat Kabupaten/Kota (OSK), kalau misalnya ini ga terpenuhi, bakal diarahkan buat bikin project tentang bidangnya (ini kebijakan di tahunku, kurang tau untuk tahun-tahun berikutnya). Yah mau ga mau ini tetap jadi tekanan batin sih karena rasanya kaya harus ‘ngelunasin utang’ ke sekolah sendiri, padahal masalah lolos ga lolos kan cuma juri dan Tuhan yang tau 😦 But the positive side is this thing is keeping us motivated to learn more and more so we can do our best in the D-day 🙂

beasiswa
cuplikan isi email persetujuan beasiswa olimpiade KBS

Bunuh-bunuhan entah ke temen sendiri, kakak kelas, ataupun adek kelas ini bakalan wajib dilakuin. Mulai dari seleksi awal masuk tim olim, biasanya ini yang ketat bidang-bidang yang ipa banget macem biologi, matematika, gitu-gitu nah. Jadi skill nyari peluang juga perlu ya kwkwkwk. Terus lanjut ke seleksi sekolah. Tahun-tahun sebelumnya itu gaada seleksi sekolah karena KBS dapet kuota istimewa yang bisa bawa  orang sekampung per mapelnya buat OSK. Tapiii tahunku kemarin itu ada seleksi, katanya peningkatan efektifitas –halah mbuh ra paham aku. Nah, ini yang bakal nguji seberapa jauh kita sanggup survive di kehidupan peroliman di KBS. Temenku beberapa ada yang bener-bener merjuangin olim, ada juga yang pindah ke science project atau ke LCC 4 Pilar dan semacamnya. Ini tergantung sih, do what you love, love what you do kan, ya?

Susahnya lomba untuk lomba yang diluar serial OSN, itu perjuangan dari pihak siswa biasanya gede banget. Dari mulai nyari informasi lombanya, ngeliatin poster atau juknisnya ke koordinator olim, registrasi dan segala macam preparation sebelum lomba bakal diurus sendiri sama anak-anaknya. Sekolah tinggal approve, tanda tangan surat di formulir pendaftaran, daaan bayarin hehe. Untuk lomba-lomba gitu semua biaya registrasi ditanggung sama sekolah, ini anugrah terindah sih soalnya buat kebumian biasanya biaya registrasi itu bisa sampe 600k++. Untuk transport, kalau masih di wilayah Jogja masih ditanggung sekolah, kalau udah diluar itu ditanggung siswa. Masalah menang kalah sebenarnya sekolah gapernah mempermasalahkan. Tapi yang namanya gengsi-gengsian kalau kalah pasti ada kan? Apalagi kalau kakak kelas di tahun sebelumnya udah pada sukses jadi juara bertahan.

Gapernah masuk kelas, alias outing. Untuk persiapan OSK, OSP, sampai OSN itu ada kelonggaran buat ga masuk kelas, belajar mandiri persiapan buat gitu. Ini ujian buat tanggung jawab masing-masing anak, karena gaada yang ngawasin. Jadi mau belajar apa ngga ya kesadaran sendiri. Sebenernya kalau waktu ini dimanfaatin maksimal, bakal cukup banget sebagai periode konsentrasi penuh latihan soal atau pemahaman materi pribadi. Tapi kalau kegoda sama sosmed, youtube, apa nonton drakor-drakor gitu ya wassalam hehehe. Buat lomba-lomba lokal atau nasional ini juga ada kok, bisa ngajuin ke koordinator olim buat bikin izin ke bagian akademik.

Terlepas dari itu semua, segala macam bentuk pengorbanan tenaga, waktu, pikiran, airmata –halah bakal kebayar pelan-pelan, kok! Mulai dari pengumuman OSK, terus pelatda bareng-bareng menuju OSP, sampai pengumuman siapa yang lolos OSN, pelatda lagi (paling seru sih pelatda yang ini, ya), sampai rangkaian OSN-nya. Proses sepanjang itu bakal menempa otomatis ke segala aspek. Mulai bisa ngehargain waktu, kesempatan, sampai ketemu mana yang bener-bener temen yang ngerti jatuh bangunnya perjuangan di olimpiade. Gaada usaha yang ga kebayar, beneran. Olim bakal ngenalin kalian ke banyak orang-orang hebat, yang ga menutup kemungkinan buat spreading their positivity dan segala kemudahan ke kalian. Jadi, kalau kadang kalian ngerasa lelah, yakinlah itu bukan akhir. Bakal ada fase-fase indah cem dunia dongeng yang menanti di depan sana, percaya, ya?

Semangat!

 

 

 

Leave a comment